Contoh kalimat pelengkap subjek waktu dalam Bahasa Inggris I

Jam

Setiap orang membutuhkan jam. Jam sudah menjadi alat ukur waktu. Dengan jam kita bisa mengatur waktu setiap aktivitas kita. Jadi pembahasan kali penggunaan jam dalam bahasa inggris.

Jam yang tepat 

a) Menggunakan O'CLOCK

Contoh:
08.00: it is eight o'clock.
10.00: it is ten o'clock.

b) Hanya menyebut angkanya saja.

Contoh:
09.00: It's nine (now).
11.00: It is eleven (now).
It was seven when you arrived yesterday.

c) Menggunakan a.m. atau p.m.

a.m. ante meridiem (latin) : setelah jam 12 malam sampai dengan sebelum jam 12 siang.
Contoh:
10.00 a.m. : it is ten a.m (baca: ei em) - jam 10 pagi (sebelum jam 12 siang).
08.00 a.m. : It is eight a.m. - jam 8 pagi.

p.m. : post meridiem : sesudah jam 12 siang sampai dengan jam 12 malam.
Contoh:
10.00p.m. : it is ten p.m. (baca: pi.em) - jam 10 malam (sesudah jam 12 siang).
07.00 p.m. : it is seven p.m. - jam 8 malam.

d) Untuk angka setelah 13.00, o'clock tidak dipakai.

Contoh:
13.00 = It's thirteen. bukan: it's thirteen o'clock.
14.00 = It's fourteen.
Tetapi, kita mengatakan 1.00 p.m. = it's one o'clock p.m. atau it's one p.m.
Artinya 'jam satu siang'.
Jadi, 1.00 a.m. : it's one a.m.; yang artinya 'jam satu dini hari'.

* lewat satu atau beberapa menit.

Jika jam itu sudah lewat satu atau beberapa menit, kita tidak lagi menggunakan o'clock. Yang kita gunakan adalah PAST.

Contoh:
10.01a.m.: it's one past ten atau it's ten one.
02.12a.m.: it's twelve past two atau it's two twelve.
03.25p.m.: it's twenty five past three atau it's three twenty five.
CATATAN: jika lewat satu menit sampai sembilan menit, bisa gunakan O (dari angka (0) nol) yang dibaca 'o').
Contoh:
05.01 a. m. : it's five o one a.m.
06.03 p.m. : it's six o three p.m.
07.09 p.m.: it's seven o nine a.m.

* lewat seperempat jam (15 menit)

Kalau jam itu sudah lewat seperempat jam (15 menit), kita katakan:

a. It's a quater past

Contoh:
05.15 a.m.: It's a quater past five a.m.
07.15 p.m.: It's a quater past seven p.m.
11.15 p.m.: It's a quater past fifteen a.m.

b. Atau kita katakan:

Contoh:
05.15 a.m.: It's five fifteen a.m.
07.15 a.m.: It's seven fifteen p.m.
11.15 a.m.: It's eleven fifteen a.m.

* lewat setengah jam (30 menit)

Kalau jam itu sudah lewat 30 menit, kita katakan:

a. It's half (baca: HAF) PAST...

Contoh:
04.30 a.m. : it's half past four a.m.
08.30 a.m. : it's half past eight p.m.
10.30 a.m. :it's half past ten a.m.

b. Atau katakan:

04.30 a.m. :it's four thirty a.m.
08.30 p.m. : it's eight thirty p.m.
10.30 a.m. : it's ten thirty a.m.

* Kurang satu atau beberapa menit
Kalau jam itu 'kurang satu atau beberapa menit', kita katakan:

a. It is......To.....

Contoh:
- 5.31 a.m.: it's twenty nine to six atau :'jam 6 kurang 29 menit'.
(Twenty nine[29] adalah hasil dari 60 menit dikurangi 31 menit.)
-6.43 a.m.: It's seventeen to seven atau : 'jam 7 kurang 17 menit'.
(Seventeen [17] adalah hasil dari 60 menit dikurangi 43 menit.)
-11.58 a.m.: It's two to twelve atau : 'jam 12 kurang 2 menit'.
(Two [2] adalah hasil dari 60 menit dikurangi 58 menit.)

b. Kita juga bisa katakan:

05.31 a.m.: It's five thirty one a.m.
06.43 p.m.: It's six forty three p.m.
11.58 a.m.: It's eleven fifty eight a.m.

*kurang seperempat jam (15 menit)

Kalau jam itu kurang seperempat jam (15 menit),  kita katakan IT'S A QUATER TO....
Contoh:
03.45 a.m. : It's a quater to four a.m.
08.45 a.m. : It's a quater to nine p.m.
12.45 p.m. : It's a quater to one p.m.

*kurang setengah jam (30 menit)

Jika jam itu kurang 'setengah jam' (30 menit), kita tetap menggunakan HALF PAST.
Contoh:
05.30 a.m. : It's half past five am atau It's five a.m.
4.30 p.m. : It's half past four p.m. atau It's four thirty p.m.
02.30 a.m. : It's half past two am atau It's two thirty a.m.

Kita tidak menggunakan TO untuk menunjukkan waktu/jam yang kurang setengah jam (30 menit).
05.30a.m.: BUKAN It's half to six a.m.
04.30p.m.: BUKAN It's half to five p.m.

a. Affirmative Sentence (Kalimat Positif) 

Ini pola adalah pola kalimat positif.
Pola:It+Be+Complement+Adverb of time.
Contoh: 
It is five twenty a.m. now
It is  four p.m. now
It was five twenty p.m. yesterday.

b. Negative Sentence (Kalimat Ingkar)
Pola: It+Be+Not+Complement+Time.
Contoh: 
05.20 a.m. :It's not five thirty a.m. It's five twenty a.m.
03.00 p.m. : It's not two o'clock p.m. It's three p.m.

c. Interrogative Sentence (Kalimat Tanya)
*Yes-No Question
Pola: Be+It+ Complement+Time?
Contoh:
Is it ten p.m. now? Yes, it is/No, it is not.
Is is seven to nine now? Yes, it is/No, it is not.
Was it ten a.m. when you arrived? Yes, it was/No, it was not.
Was is a quater to nine a.m.? Yes, it was/No, it was not.

*Information Question Word
Kata tanya yang digunakan untuk menanyakan waktu adalah WHAT dan WHEN.

Pola:
a. What+Time+Be+It+Time?
Contoh: 
What time is it now? It is ...... now.
What time is my flight? It's at 3.00 p.m.
What time is the soccer game? It is 4 p.m.
What time was it when you arrived here?
What time was your flight yesterday? It was at 9.00 p.m.

b. What+Be+The Time+ Time?
Contoh:
What is the time now?
What is the time of my flight?
What was the time when you services yesterday?
What was the time when Ivan came yesterday?

c. When+Be+Subject+ Time?
Contoh:
When is the football game today? It is at 04.00 p.m.
When are you at home? I'm at home at 09.00 p.m.

d. At what time 
Contoh:
At what time were you at school yesterday? I was at school at 09.00 a.m.
At what is my flight? It's at 10.00 a.m.

CATATAN:
a. Kata depan (preposition) yang digunakan untuk mengatakan jam adalah At.
Contoh:
I get now at 4.45 a.m. every morning.
She goes to school at 6.30 a.m. everyday.

b. Kita juga bisa menggunakan will untuk menyatakan waktu yang akan datang.
Contoh:
It will be at 9.00 a.m. tomorrow.
It will be at 10.00 a.m. on friday next week.

c. Kita juga bisa menggunakan 'be present' untuk jadwal yang akan datang.
Contoh: 
When is English class tomorrow? It is at 8.15 a.m.
When is your flight next week? It is at 5 p.m.
Sekian dan terima kasih.

0 Response to "Contoh kalimat pelengkap subjek waktu dalam Bahasa Inggris I "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel